Kamis, 11 Agustus 2011

Daruma?? nama orangkah??

Pernah denger yang namanya Daruma?? Gue baru pernah denger Daruma dari temen gue. Terus gue cari tau apa sih daruma dimulai dari si om Google yang maha tau..hahaha…(lebay deh gue..)



Daruma merupakan sebuah boneka yang berasal dari Jepang dengan bentuk bulat lonjong serta tidak memiliki tangan maupun kaki.  Bagi masyarakat Jepang boneka ini dianggap sebagai boneka pembawa digambar . orang yang ingin harapannya terkabul akan menggambar salah satu mata dari Daruma itu dan ketika keinginannya terkabul maka dia akan mendapatkan mata yang satunya lagi.

Boneka ini memiliki dasar yang bulat dan berat. Ketika kita mendorongnya sampai terjatuh, boneka ini akan dapat dengan mudah kembali berdiri dengan bantuan beratnya. Walaupun di dorong dan dipukul dari segala arah tetap Daruma akan berdiri lagi dan lagi. Hebat kan walau gak punya tangan dan kaki tetep bisa berdiri..hehe

Teknik pembuatan Daruma itu sendiri di Jepang disebut dengan Hariko. Ngomong-ngomong soal hariko gue jadi inget anjing setia yang dari jepang namanya Hachiko. Anjing aja setia apalagi manusia ya?? Harusnya iya..hahaha ..(gak nyambung  -__- “). Back to topic,  Teknik Hariko ini merupakan teknik yang sama dalam pembuatan maneki neko atau patung lain yang sejenis. Cara kerja dari teknik ini adalah dengan menempel kertas dengan berlapis lapis pada patung yang akan dijadikan pola. Setelah lapisan kertas ini kering, kemudian dibelah dan patung yang dijadikan pola d keluarkan. Potongan depan dan belakang lapisan kertas tersebut kemudian disatukan kembali dan di tempel kertas lagi. Daruma biasanya di cat dengan warna merah karena warna merah dianggap memiliki kekuatan menolak bala (tapi kalo kita lagi bawa Daruma terus ketemu banteng di jalan apa kabar ya??? apa bakalan kayak gambar n ini??? Hihihihihi… mungkin saja.. ^_^)



 

Nah itu dia, akhirnya gue jadi tau Daruma itu kayak gimana, yah walau gue gak pernah ketemu langsung dengan si Daruma. Mungkin suatu saat gue bakal ketemu sama si Daruma..hahaha.. Dan gue juga bakalan hati-hati kalo ketemu banteng. Pasti!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar